Selasa, 17 Januari 2017

KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi
Kata komunikasi berasal dari bahasa latin Communicatio yang berarti ‘pemberitahuan’ atau ‘pertukaran pikiran’. Jadi, secara garis besar, dalam suatu proses komunikasi haruslah terdapat unsul-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran dan pengertian antara komunikator(penyebar pesan)  komunikan (penerima pesan).
Komunikasi adalah hubungan kontak antara dan anatara manusia baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak komunikasi adalah  bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Manusia sejak dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya. (widjaja, 2008)
Definisi komunikasi dari para pakar yaitu:
- Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan  sikap seseorang kepada orang lain (Edwin  Emery)
- Komunikasi  adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesame manusia(Delton E, mc Farland)
-Komunikasi merupakan rangkaian proses pengaalihan informasi dari satu orang kepada orang lain dengan maksut tertentu
- Komunikasi adalah proses yang melibatkan seseorang untuk menggunakan tanda-tanda (alamiah atau universal berupa simbol-simbol berdasarkan perjanjian manusia) verbal atau nonverbal yang disadari atau tidak disadari yang bertujuan untuk memengaruhi sikap orang lain
          Proses komunikasi dapat diartikan sebagai ‘transfer informasi’ atau pesan (message) dari pengirim pesan sebagai komunikator dan kepada penerima sebagai komunikan.Langkah-langkah dalam proses komunikasi yaitu :
1. Ide/gagasan yang diciptakan oleh sumber atau komunikator
2. Ide yang diciptakan tersebut kemudian dialihkan bentukan menjadi lambing-lambang komunikasi yang mempunyai makna dan dapat dikirimkan
3. Pesann yang telah di-encoding tersebut selanjutnya dikirimkan melalui saluran/media yang sesuai dengan karakteristik lambing-lambang komuikasi ditunjukkan kepada komunikan
4. Penerima menafsirkan isi pesan sesuai dengan presepsinya untuk mengartikan maksud pesan tersebut
5. Apabila pesan tersebut telah berhasil di-deconding, khalayak akan mengirim kembali pesan tersebur ke komunikator.
JENIS-JENIS KOMUNIKASI
-         Komunikasi verbal
Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan  bisnis kepada pihaklain baik secara tertulis maupun lisan.Bentuk komunikasi verbal memiliki struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik, sehingga tujuan penyampaian pesan bisnis dapat tercapai dengan baik.
Melalui komunikasi secara lisan atau tertulis diharapkan orang dapat memahami apa yang disampaikan oleh pengirim pesan dengan baik.Penyampaian suatu pesan secara lisan atau tulisan memiliki suatu harapan bahwa seseorang akan dapat membaca atau mendengar apa yang dikatakan dengan baik dan benar.
-         Komunikasi NonVerbal
Bentuk komunikasi non verbal  orang dapat mengambil suatu kesimpulan tentang berbagai macam perasaan orang, baik rasa senang, benci,cinta, rindu maupun berbagai macam perasaan lainnya.
Komunikasi nonverbal memiliki sifat yang kurang terseteruktur, komunikasi non verbal bersifat spontan dibandingkan dengan komunikasi verbal dalam hal penyampaian suatu pesan.
A    Ada beberapa jenis komunikasi bisnis menurut Nawangsari (1997) yaitu:
          Komunikasi menurut Penyampaiannya:
1. Komunikasi Lisan : Komunikasi langsung tanpa diabatasi oleh jarak, dimana kedua belah pihak dapat saling beratatap muka.
2. Komunikasi tertulis : Dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk penyampaian suatu berita bersifat singkat, jelas. Tetapi perlu untuk ditulis dengan maksud tertentu.

    Komunikasi Menurut Kelangsungannya
1. Komunikasi Langsung : Dilakukan secara langsung tanpa adanya bantuan perantara orang ketiga, ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi
2. Komunikasi Tidak Langsung : Proses komunikasi dilakukan dengan bantuan dari pihak ketiga atau bantuan dari berbagai alat media komunikasi

    Komunikasi Menurut Perilaku
1. Komunikasi Formal : Biasanya terjadi antara anggota suatu organisasi atau perusahaan yang tata cara sudah diatur dalam struktur organisasinya
2. Komunikasi Informal : Suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan juga tidak hanya adanya pengakuan secara resmi.

    Komunikasi Menurut Maksud
1.Memberi ceramah
2.Berpidato
3. Wawancara
4. Memberi saran
5. Memberi perintah atau Tugas

    Komunikasi menurut Ruang Lingkup
1. Komunikasi Internal : Suatu komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau atau perusahaan
2. Komunikasi Eksternal : Merupakan komunikasi yang berlangsung antara organisasi tersebut.

    Komunikasi Menurut Aliran Komunikasi
1. Komunikasi satu arah
2. Komunikasi dua arah
3. Komunikasi keatas
4. Komunikasi kebawah


Komunikasi Menurut Laswell

Harold D. Laswell, adalah seorang ilmuawan politik juga tertarik mendalami komunikasi. Bidang studi yang ditekuninya  terutama yang menyangktut propaganda  dan komunikasi politik, karena kontribusnya yang besar terhadap perkembangan ilmu komunikasi. Beliau diapandang sebagai satu dari empat yang mendapatkan sebutan The Founding Fathers.
Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan apa.

Horold D Laswell memperkenalkan 5 formula komunikasi untuk terjadinya  suatu proses komunikasi yaitu:
-        - Who, yakni berkenaan dengan siapa yang mengatakan, dapat diartikan sebagai sumber komunikator yaitu pelaku atau pihak yang mempunyai kebtuhan untuk berkomunikasidan memulai ssuatu komunikasi.
-         -Says What, yakni berkenan dengan menyatakan apa,  says menjelaskan apa yang akan di disampaikan atau dikomunikasikan kepada komunikan(penerima), dari komunikator (sumber)atau isi informasi
-        - In which Channel. Yakni berkenaan dengan saluran apa, suatu alat untuk menyampaikan pesandari komunikator kepada komunikan baik secara langsung  maupun tidak seperti melalui media cetak/elektronik)
-       -  To Whom, yakni berkenaan dengan ditujukan kepada siapa, seseorang yang menerima siapa bisa berupa kelompok, individu organisasi atau suatu Negara yang menerima pesan dari sumber.Hal ini merupakan tujuan , pendengar, khalayak, komunikan, penafsir.
-         With What Effek, yakni berkenaan dengan pengaruh apa, dampak atau efek yang terjadi pada komunikan setelah menerima pesan dari sumber seperti perubahan sikap dan bertambahnya pengetahuan.

Berdasarkan formula Laswelll tersebut, maka terdapat lima komponen komunikasi agar dapat terjadi proses komunikasi yaitu:
-         -Komunikator
-         -Pesan
-       - Media
-         -Komunikan
-         -Pengaruh




DAFTAR PUSTAKA
Suprapto, T. (2006). Pengantar Teori Komunikasi. CetakanKe-1. Yogyajarta: Media Pressindo
Purwanto, D. (2006). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
Mundakir. (2006). Komunikasi keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Widjaja, Amin. (2008). Dasar-dasar relationship manajemen(CRM). Jakarta : Harvindo
Nawangsari, S. (1997). Komunikasi Bisnis. Depok: Gunadarma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar